How it Works

Goal 5,000 Photos

Total Foto

Kado Istimewa terkumpul

Hari lagi

Upload Saya

Cerita ibu

Ni Iyah atau Nenek Iyah adalah seorang ibu yang tinggal di Desa Sindang Wangi. Ni Iyah tinggal bersama suaminya yang bekerja sebagai buruh tani. Para warga Desa Sindang Wangi, khususnya anak-anak biasa memanggil Ni Iyah dengan sebutan Nini atau Nenek karena kedekatan mereka dengan Ni Iyah. Ni Iyah dikenal sebagai sosok yang penyayang dan ramah kepada semua orang. Anak-anak sangat dekat dengan Ni Iyah karena orangtua mereka biasa membawa anak-anak ketika sakit ke Ni Iyah untuk dipijit atau diurut, bahkan yang usianya masih bayi sekalipun. Ni Iyah sudah sangat dipercaya oleh masyarakat di Desa Sindang Wangi sehingga kedekatan emosional pun terbangun. 

Selain sebagai tukang pijit dan urut anak, Ni Iyah juga membantu suaminya, yang seorang buruh tani, mencari penghasilan dengan membuat emping tangkil. Saat Chapter W berkunjung, Ni Iyah menunjukan emping-emping yang sedang dijemurnya di depan rumahnya. Meskipun Ni Iyah tidak sempat mengenyam pendidikan dan buta huruf, ia sangat ingin keluarganya, termasuk anak-cucunya, bisa memiliki masa depan yang lebih baik.

Ni Iyah berharap suaminya yang seorang buruh tani tidak lagi harus pulang dari ladang ketika larut dalam gelap. Ia berharap ada sumber penerangan yang dapat diandalkan oleh suaminya. Ketika #ChapterW mengatakan akan membawa lampu tenaga surya, Ni Iyah sangat gembira. "Si Bapak tidak akan pulang larut gelap kalau gitu", ujarnya.